MEMBERI NASIHAT DAN BIMBINGAN | DT AQIQAH Daarut Tauhiid Bandung

MEMBERI NASIHAT DAN BIMBINGAN


aqiqah bandung murah, harga aqiqah bandung, souvenir aqiqah, dekorasi aqiqah, 
aqiqah di bandung, aqiqah di bandung timur, aqiqah di bandung barat, paket aqiqah di bandung,
jasa aqiqah di bandung, domba aqiqah di bandung, layanan aqiqah di bandung, 
harga aqiqah di bandung

Diantara hal yang juga menjadi pilar dalam pendidikan anak adalah konsisten menasehati dan memberikan pesan kebaikan; terlebih lagi pada perkara-perkara yang penting dan akhlak mulia. Diawali dengan pelajaran akidah, kewajiban dalam Islam beserta rukunnya, dan seluruh perintah syariat. Demikian pula, harus perhatian pada larangan dan peringatan. Diawali dengan mengingatkan dosadosa besar, seluruh larangan dalam syari’at. Semua hal tersebut, harus mendapat porsi besar (prioritas) dalam menasehati dan memberikan pesan kebaikan. Kemudian, barulah orang tua beralih kepada perkara lainnya yang memperbagus status dan keadaan anak-anaknya di dunia, semisal makanan, pakaian dan lain hal sebagainya.

Diantara contoh nasehat atau pesan yang berbekas, bermanfaat dan bisa dijadikan panduan ialah apa yang Allah sebutkan di dalam kitab-Nya tentang Luqman Al Hakim yang menasehati anaknya dimana perkara yang pertama kali dimulai adalah terkait pembahasan tauhid. Yang kedua adalah berbakti pada orang tua. Kemudian Luqman mengingatkan tentang pengawasan Allah terhadap makhluk-Nya, yang di dalamnya terdapat isyarat akan pentingnya merasa diawasi oleh Allah dalam setiap perbuatannya. Lalu Luqman memotivasi untuk menegakkan salat yang merupakan amalan badan yang paling utama. Luqman lantas menutup wasiatnya dengan sejumlah penjelasan tentang keluhuran akhlak dan perkara yang mulia.

Para Nabi dan orang-orang saleh juga menempuh metode ini. Allah menyebutkan tentang Nabi Ibrahim dan Ya’qub alaihimassalaam,
وَوَصَّى بِهَا إِبْرَاهِيْمَ بَنِيْهِ وَيَعْقُوْبُ يَا بَنِيَّ إِنَّ اللهَ اصْطَفَى لَكُمُ الدَّينَ فَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
أَمْ كُنْتُمْ شُهَدَاءَ إِذْ حَضَرَ يَعْقُوْبَ اْلمَوْتُ إِذْ قَالَ لِبَنِيْهِ مَا تَعْبُدُوْنَ مِنْ بَعْدِي قَالُوْا نَعْبُدُ إِلَهَكَ وَإِلَهَ آبَائِكَ إِبْرَاهِيْمَ وَإِسْمَاعِيْلَ وَإِسْحَاقَ إِلَهَا وَاحِدًا وَنَحنُ لَهُ مُسْلِمُوْنَ

“Dan Ibrahim mewasiatkan (ucapan) itu kepada anak-anaknya, demikian pula Yakub. “Wahai anakanakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini untukmu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan Muslim.” Apakah kamu menjadi saksi saat maut akan menjemput Yakub, ketika dia berkata kepada anak-anaknya, “Apa yang kamu sembah sepeninggalku?” Mereka menjawab, “Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu yaitu Ibrahim, Ismail dan Ishak, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami (hanya) berserah diri kepadaNya.”” (QS. Al Baqarah 132-133) .

Rabb semesta alam, memuji Nabi Ismail ‘alaihissalaam yang memerintahkan keluarganya untuk salat dan zakat. Allah ta’ala berfirman :
وَكَانَ يَأْمُرُ أَهْلَهُۥ بِٱلصَّلَوٰةِ وَٱلزَّكَوٰةِ وَكَانَ عِندَ رَبِّهِۦ مَرْضِيًّا
“Dan dia menyuruh keluarganya untuk (melaksanakan) salat dan (menunaikan) zakat.” (QS. Maryam : 55)
Allah pula memerintahkan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mejaga salat-salat yang diwajibkan, dan juga supaya Nabi shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan keluarganya juga, memotivasi untuk mengerjakannya.

Sebagaimana firman Allah ta’ala,
وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِٱلصَّلَوٰةِ وَٱصْطَبِرْ عَلَيْهَا ۖ لَا نَسْـَٔلُكَ رِزْقًا ۖ نَّحْنُ نَرْزُقُكَ ۗ وَٱلْعَٰقِبَةُ لِلتَّقْوَىٰ
“Dan perintahkanlah keluargamu untuk salat dan bersabarlah di atasnya.” (QS. Thaha : 132)
Termasuk pula dalam bab memberikan pesan dan nasehat kepada anak-anak adalah orang tua menjauhkan anaknya dari segala sesuatu yang merusak akhlak mereka dan agama mereka. Semisal mendengar nyanyian (melalaikan), channel televisi, alat-alat yang diharamkan. Demikian juga, anak harus dilarang dan diwaspadai agar anaknya tidak pergi ke tempat hiburan yang diharamkan.

Sumber : Kitab Rakaiz Fii Tarbiyatil Abna

WA ADmin : bit.ly/InfoPaket-DT-AQIQAH

Instagram DT AQIQAH

Facebook DT AQIQAH

Youtube DT AQIQAH

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *