HUKUM AQIQAH BAGI MU’ALAF | DT AQIQAH Bandung

HUKUM AQIQAH BAGI MU’ALAF

Aqiqah ialah pengorbanan hewan pada syariat islam seperti jenis ucapan rasa syukur kepada Allah SWT atas jabang bayi yang telah lahir di dunia dengan ketentuan spesifik berdasarkan syariat ajaran islam. Aqiqah bermaksud memotong hewan seperi kambing pada hari ke-7 saat kelahiran jabang bayi. Berdasarkan bahasa, aqiqah bermaksud menyembelih. Hukum akikah ialah sunah muakkad, menurut orang yang mampu dan seperti ulama mengatakan maka aqiqah ialah wajib.
Hukum aqiqah bagi kedua orang tua bajang bayi yang baru melahirkan ialah sunah muakkad dan seperti ulama mengatakan maka aqiqah ialah wajib. Pada hari ke-7 setelah melahirkan, bajang bayi akan dicukur rambutnya dan diberi nama. Rasulullah Saw bersabda:

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: كُلُّ غُلاَمٍ رَهِيْنَةٌ بِعَقِيْقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَ يُحْلَقُ وَ يُسَمَّى
Dari Samurah bin Jundab dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda :
“Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” [Shahih, Hadits Riwayat Abu Dawud 2838, Tirmidzi 1552, Nasa’I 7/166, Ibnu Majah 3165, Ahmad 5/7-8, 17-18, 22, Ad Darimi 2/81, dan lain-lainnya].
Salah satu hak anak selepas ia lahir dan belum mencapai usia balig adalah di aqiqahi oleh orang tuanya. Ibadah aqiqah ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran anak. Hukum melaksanakan aqiqah adalah sunah muakkadah atau amat ditekankan pengerjaannya, jika muslim yang menunaikan ibadah ini memiliki kemampuan dan kelapangan harta.
Dalil kesunahan aqiqah merujuk ke hadis yang diriwayatkan dari Salman bin Amir Addhobi. Dalam hadis itu, Salman bin Amir Addhobi berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Bersamaan lahirnya anak laki-laki itu ada aqiqah maka tumpahkanlah [penebus] darinya darah [sembelihan] dan bersihkan darinya kotoran [cukur rambutnya],” (H.R. Bukhari).
“Barang siapa yang ingin menyembelih untuk anaknya maka hendaknya ia menyembelih untuknya. Untuk anak laki-laki, dua kambing dan untuk anak perempuan, seekor kambing,” (H.R. Abu Daud).

Namun, bagaimana Hukum Aqiqah bagi Mu’alaf…? Inilah jawaban dari Ustadz Fahrudin, M.Pd.I (Dewan Syari’ah Daarut Tauhiid Aqiqah).
Terkait dengan hal ini ada dua pendapat, yaitu :
PERTAMA : Tidak di sunnahkan untuk diaqiqahi karena aqiqah itu sunnahnya di hari ke tujuh dari hari kelahirannya.
KEDUA : Tetap boleh dilakukan aqiqah walaupun sudah lebih dari hari ketujuh,hal ini mengacu kepada kendapatnya Madzhab Syafi’iyah yang membolehkan melaksanakan aqiqah walaupun sudah dewasa. Adapun terkait dengan aqiqah bagi mu’alaf di perbolehkan mengacu kepada Hadits Riwayat Baihaqi “Nabi SAW mengaqiqahi dirinya sendiri setelah ia diutus sebagai Nabi,” (H.R. Baihaqi).
Hal tersebut juga selaras dengan pendapat sejumlah ulama, seperti Muhammad bin Sirin, Imam Ahmad, serta Imam Atha dan Hasan Al-Bashri.

Ayah dan Bunda, Inilah Rekomendasi Jasa Layanan Aqiqah Terbaik
DT Aqiqah, Merupakan Pusat Layanan Aqiqah di Bandung. DT Aqiqah menyediakan domba yang kualitasnya terjaga dengan baik. Kredibilitas DT Aqiqah saat ini tidak hanya sekedar di daerah kota dan kabupaten Bandung, namun dari luar kota dan luar jawa serta luar negeri sudah mempercayakannya kepada DT Aqiqah Bandung. Bagi pemesan yang dari luar kota, luar jawa ataupun luar negeri penyaluran dilakukan ke tempat Panti atau pesantren.

DT Aqiqah, tetap berusaha menjaga kualitas hewan aqiqah agar tetap terjaga dengan baik, sehat serta layak untuk dijadikan hewan aqiqah yang sesuai Syariah. Masakan halal, higienis dan lezat, Masakan diolah oleh tim SDM katering yang profesional dan berpengalaman. Sehingga, Ayah dan Bunda tidak perlu ragu lagi untuk beraqiqah ke DT AQIQAH.
AQIQAH MUDAH, BERKAH DAN SESUAI SYARI’AH.

Informasi layanan aqiqah hubungi kami :
0813-1300-5300
081-313-488-488

WA ADmin : bit.ly/InfoPaket-DT-AQIQAH

Instagram DT AQIQAH

Facebook DT AQIQAH

Youtube DT AQIQAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *