Fitrah Orang tua Terhadap Anak, DT Aqiqah, Aqiqah ibadah sunnah seumur hidup sekali, Daarut Tauhiid

Secara Fitrah, Kedua Orangtua pada dasarnya mencintai Anak

Seperti yang telah diketahui Bersama bahwa hati kedua orangtua sebenarnya secara fitrah mencintai anak dan akan tumbuh perasaan-perasaan kejeiwaan dan cinta kasih seorang ayah untuk menjaganya, menyayanginya, merindukannyam dan memperhatikan urusannya. Karena jika yang demikian tidak ada maka akan punahlah keberlangusangan manusia di bumi. Orangtua itu tidak akan bersabar dalam menjaga anak-anak, memberikan pengayoman, dan mendidiknya. Tidak aneh jika Al-Qur-an menggambarkan perasaan-perasaan kebapakan dengan penggambaran yang paling indah. Allah jadikan anak-anak itu terkdang sebagai kehidupan seperti dalam QS. Al-Kahfi [18] : 46

الْمَالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ عِنْدَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ أَمَلًا

Terjemah Arti: Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.

Harta benda dan anak-anak adalah keindahan dan kekuatan di dunia yang fana ini, sedang amal-amal shalih (terutama bacaan tasbih, tahmid, dan takbir, serta tahlil) lebih besar pahalanya di sisi tuhanmu daripada kekayaan dan anak keturunan. Amal-amal shalih ini adalah hal yang paling utama diharapkan oleh manusia yang dapat menghasilkan pahala di sisi tuhannya, sehingga dia di akhirat kelak akan memperoleh apa yang diimpikannya di dunia.

Anak juga diibaratkan suatu nikmat yang agung yang harus disyukuri

ثُمَّ رَدَدْنَا لَكُمُ الْكَرَّةَ عَلَيْهِمْ وَأَمْدَدْنَاكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَجَعَلْنَاكُمْ أَكْثَرَ نَفِيرًا

Terjemah Arti: Kemudian Kami berikan kepadamu giliran untuk mengalahkan mereka kembali dan Kami membantumu dengan harta kekayaan dan anak-anak dan Kami jadikan kamu kelompok yang lebih besar.(QS. Al-Isra [17] :6)

Kemudian kami kembalikan bagi kalian (wahai bani israil), kekuasaan dan kemenangan atas para musuh kalain yang dahulu di kuasakan atas kalian. Dan kami tambah rizki dan jumlah anak-anak kalain, serta menguatkan kalian dan menjadikan kalain berjumlah lebih banyak dari pada jumlah musuh kalian. Kondisi demikian disebabkan perbuatan baik dan ketundukan kalian kepada Allah.

وَأَمْدَدْنٰكُم بِأَمْوٰلٍ وَبَنِينَ

(dan Kami membantumu dengan harta kekayaan dan anak-anak) Setelah sebelumnya dirampas harta mereka dan ditawan istri-istri mereka.

وَجَعَلْنٰكُمْ أَكْثَرَ نَفِيرًا

(dan Kami jadikan kamu kelompok yang lebih besar) Yakni jumlah pasukan perang yang pergi berperang lebih besar dari pasukan musuh kalian.

 

Anak juga digambarkan sebagai penyejuk mat ajika mereka berjalan pada jalannya orang-orang yang bertakwa

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Terjemah Arti: Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.(QS. AL-Furqon [25] : 74)

dirgahayu republik indonesia, diskon, merdeka,aqiqah daarut tauhiid bandung, wa 0813-1300-5300, aqiqah murah, aqiqah bandung timur, aqiqah kota bandung, aqiqah cimahi, aqiqah bandung barat

Referensi:

Buku Pendidikan Anak Dalam Islam

tafsirweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *