BREASTFEEDING AND PARENTING | DT AQIQAH

🍀 BREASTFEEDING AND PARENTING 🍀

Ayah, Bunda dan Sahabat DT AQIQAH, tulisan kali ini akan membahas tentang Breastfeeding And Parenting.

Berbicara tentang menyusui biasanya yg kita pahami adalah memberikan ASI sebagai asupan terbaik pada bayi. Tetapi sesungguhnya menyusui lebih itu. Menyusui merupakan aktifitas yang lebih dari sekedar memberi makan bayi.

Mari perhatikan dua ayat berikut ini :

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”

(QS. Luqman ayat 14)

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ إِحْسَٰنًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُۥ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُۥ وَفِصَٰلُهُۥ ثَلَٰثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰٓ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُۥ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَصْلِحْ لِى فِى ذُرِّيَّتِىٓ ۖ إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّى مِنَ ٱلْمُسْلِمِينَ

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”.”

(QS. AL Ahqof ayat 15.)

Dalam Al Qur’an, surat Luqman :14 dan Al Ahqof : 15 memiliki muatan kalimat yang sama, di mana perintah berbuat baik kepada orang tua selalu dikaitkan dengan perjuangan seorang Ibu mulai dari #mengandung, #melahirkan, #menyusui secara sempurna hingga disapih. Disini jelas bahwa mengandung, bersalin, menyusui hingga menyapih adalah satu paket. Sebuah pesan parenting dasar yang mulai  terlewatkan oleh umat muslim, di mana menyusui hingga menyapih bukan lagi menjadi bagian yang dianggap penting dan harus ada.

Sedangkan secara ilmiah, dalam ilmu laktasi, beberapa hormon dan aspek fisik ketika menyusui memberikan dampak positif pada ibu dan bayi, mendukung pertumbuhan fisiologi anak dan hubungan ibu-anak.

Hisapan pada payudara dapat menenangkan dan menumbuhkan rasa nyaman pada bayi ketika ia gelisah, menghasilkan zat penghilang rasa sakit dan menumbuhkan interaksi yang intim dan berulang dengan si ibu.

Hal ini juga dapat membantu mengatasi kesulitan tidur yang sering terjadi pada bayi dan mempererat kontak kulit ibu dan bayi.

Dengan menyusui juga membantu ibu dalam menghadapi perasaan tertekan dan kesulitan mengasuh anak yang masih bayi. Hal ini juga memberikan lebih banyak kesempatan ibu untuk berinteraksi dengan bayinya secara berulang dan dekat, menumbuhkan perasaan lebih baik dan lebih percaya diri utk berperan dlm kehidupan anaknya dengan menyadari berbagai manfaat positif menyusui bayinya.

Bahkan manfaat besar lain yang mungkin tak terpikirkan adalah peran asi dan menyusui dalam menekan resiko turun temurun seperti yang terjadi pada mereka yang memiliki riwayat trauma hubungan antargenerasi.

Menyusui bukan hal biasa.

Sudah sepatutnya mendapat porsi penting yang harus dipersiapkan ketika kita akan memiliki anak. Karena asi adalah pondasi, dan menyusui adalah pembangun pondasi itu.

Barokallohu fiikum.

•┈┈┈◎❅❀❦🌸❦❀❅◎┈┈┈•

DT AQIQAH, Pusat nya berada di Kota Bandung, yaitu di jalan Gegerkalong Hilir No.164B, Gegerkalong, Sukasari, Kota Bandung. Selain itu DT Aqiqah sudah terdapat beberapa cabang, yaitu DT AQIQAH Cianjur, DT AQIQAH Cikarang, DT AQIQAH Purwakarta, DT AQIQAH Majalengka, DT AQIQAH Sumedang, DT AQIQAH Tasikmalaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *