Beberapa Kewajiban OrangTua dalam mendidik Anak | DT AQIQAH

 

Beberapa Kewajiban OrangTua dalam mendidik Anak

https://i2.wp.com/dtaqiqah.com/wp-content/uploads/2019/09/aqiqah-daarut-tauhiid-bandung-wa-0813-1300-5300-aqiqah-murah-aqiqah-bandung-timur-aqiqah-kota-bandung-aqiqah-cimahi-aqiqah-bandung-barat-aqiqah-padalarang-aqiqah-syariah.png?resize=353%2C352&ssl=1
1.Memberikan Dasar Hubungan Harmonis dengan Allah SWT (Habbuminnallah)

Sebagai orang tua kita harus dapat mengenalkan kepada anak-anak kita siapa Allah dan mengapa kita wajib taat padaNya. Ketaatan itu tidak karena Allah adalah pencipta, dan pemilik kita, namun karena dengan taat kepadaNya, hidup kita akan menjadi lebih baik dan bahagia.

 

Dengan memberikan dasar sedemikian, maka anak tidak akan menganggap Allah sebagai sebagai “hakim” atau “pengawas”; namun sebagai zat yang memang kita butuhkan keberadaanNya. Hal inilah yang harus kita jadikan landasan utama dalam mendidik anak sekaligus merancang pola asuh yang tepat baginya.

Salah satu cara untuk memberikan dasar habbuminnallah adalah dengan mengajarkan shalat kepada anak semenjak kecil. Dan kemudian mulai memberikan pengertian mengapa kita harus shalat, apa manfaat shalat dan seterusnya.

2. Memberikan dasar hubungan yang harmonis dengan orang-orang di sekelilingnya

Dalam Islam, hubungan antar manusia (hablumminanas), sama pentingnya dengan hubungan manusia dengan Allah (hablumminnallah). Bahkan nabi Ibrahim berdoa kepada Allah: “… agar mereka dicintai orang-orang…” Jadi, wajib bagi kita mengajarkan tata cara pergaulan yang baik dengan sesama dan dilandasi rasa saling hormat-menghormati; serta mampu bersikap asertif.

3. Memberikan dasar yang kuat guna menghadapi tantangan jaman

Nabi pernah bersabda bahwa Beliau mengkhawatirkan umat dibelakangnya yang akan seperti busa di lautan; banyak namun tidak berpendirian. Hal semacam inilah yang harus kita pertimbangkan saat merencanakan pendidikan dasar bagi anak-anak kita.

Misalnya bagaimana agar ia menjadi anak yang kuat imannya, santun kepada sesama, serta kuat pula ilmunya. Ilmu akan membuat ia mampu bertahan serta senantiasa memiliki jalan ikhtiar untuk keluar dari permasalahan yang ia hadapi.

Nah, mari Parents, kita koreksi kembali apakah telah benar langkah yang kita ambil dalam mendidik anak kita di rumah. Jika masih ada yang kurang, mari kita lengkapi, jika ada yang keluar jalur, mari kita benahi.

 

sumber : https://id.theasianparent.com/3-kewajiban-orang-tua-dalam-mendidik-anak

3 hikmah aqiqah dan qurban, aqiqah 1 kambing, aqiqah 1 kambing berapa porsi, aqiqah 2 kambing, aqiqah 2019, aqiqah adalah, aqiqah anak, aqiqah anak laki, aqiqah atau qurban, aqiqah bandung, aqiqah bayi, aqiqah bayi lelaki, aqiqah daarut tauhiid, aqiqah dan qurban, aqiqah islam, aqiqah juara, aqiqah kambing, aqiqah kambing betina, aqiqah luar negara, aqiqah menurut islam, aqiqah online bandung, aqiqah organizer, aqiqah perempuan, aqiqah purwokerto, aqiqah qurban, aqiqah sesuai sunnah, aqiqah singapore, aqiqah sunnah, aqiqah terdekat, aqiqah untuk anak, aqiqah untuk anak laki, aqiqah untuk anak lelaki, aqiqah untuk diri sendiri, aqiqah yang afdhal, aqiqah yang baik menurut islam, aqiqah yang sesuai sunnah, biaya aqiqah 2 kambing 3 keutamaan aqiqah, daarut tauhiid, dtaqiqah, harga aqiqah 2 kambing, hukum syar’i aqiqah, syarat kambing untuk aqiqah aqiqah video

 

Pengunjung Juga Mencari:

  • aqiqah untuk anak perempuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *