ANAK SEBAGAI AMAL JARIYAH | DT AQIQAH Bandung

ANAK SEBAGAI AMAL JARIYAH

 

Semasa hidupnya, anak saleh akan berbakti padanya, menunaikan hak-haknya dan menjauh dari sikap durhaka; karena Islam yang mengarahkan, memerintahkan dan memotivasi untuk berbuat hal yang demikian. Adapun setelah wafatnya orang tua, maka anak saleh akan bersungguh-sungguh mendoakannya. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Jika seorang wafat, maka terputuslah amalnya, kecuali 3 hal: sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya.”

Masalah pengasuhan anak adalah masalah yang penting yang harus diperhatikan oleh orang tua. Kelalaian dan ketidakpedulian orang tua dalam masalah pengasuhan ini merupakan diantara penyebab anak menjadi rusak. Ibnul Qayyim rahimahullah menuturkan, “Siapa saja yang tidak peduli pada pendidikan dan hal yang bermanfaat bagi anaknya serta menelantarkan anaknya begitu saja; maka sungguh dia telah benar-benar berbuat buruk kepada anaknya. Banyak sekali anak-anak menjadi rusak disebabkan orang tuanya yang tidak peduli dan mengabaikan pendidikan agama bagi anak-anaknya, yakni dalam hal kewajiban-kewajiban ataupun amalan-amalan sunnah.”

Jadi, pengasuhan adalah perkara yang amat penting. Orang tua selayaknya selalu hadir untuk anak-anaknya dengan memberi perhatian dan menerapkan pilar-pilar pengasuhan ini, lalu menyerahkan dan bertawakkal kepada Allah ta‟ala. Orang tua tidak boleh menyandarkan hatinya kepada sebab-sebab ataupun pilar-pilar pengasuhan ini. Akan tetapi, orang tua harus memasrahkan segala urusannya dan bersandar kepada Allah ta‟ala semata yang akan memberikan kesalehan untuk anak dan sekaligus menjaga anak-anaknya dengan penjagaan Allah terhadap hamba-Nya yang saleh. Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin mengatakan,

“Manakala seseorang bertakwa kepada Allah dalam mendidik anaknya dan menempuh metode yang sesuai syariat dalam mengarahkan anaknya, maka aku tidaklah mengira melainkan Allah subhanahu wa ta‟ala akan memberikan hidayah kepada anak-anaknya.”

Kita memohon kepada Allah, agar menolong kita semua dalam mengasuh anak-anak kita dan membimbing anak-anak dengan metode yang benar. Semoga pula, Allah memberikan kesalehan dan melindungi anak-anak kita dari fitnah yang nampak ataupun tersembunyi, serta menjadikan mereka menjadi orang yang terbimbing di atas petunjuk, bukan menjadi orang yang sesat lagi menyesatkan. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan Merespon setiap doa. Semoga selawat dan salam selalu tercurah untuk Nabi kita, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam beserta keluarganya dan para sahabatnya.

Sumber : Kitab Rakaiz Fii Tarbiyatil Abna

WA ADmin : bit.ly/InfoPaket-DT-AQIQAH

Instagram DT AQIQAH

Facebook DT AQIQAH

Youtube DT AQIQAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *